KECERDASAN EMOSI PADA TERAPIS PERILAKU ANAK AUTIS

Rarasat P. Yulita

Abstract


S Oleh: i Fakul-tas Psikologi ABSTRAK Penelitian tentang autisme selamaini banyak berfokus kepada anak autis dan jenis terapinya.Jarang sekali penelitian tentang autisme yang berfokus padaterapis anak autis terutama mengenai kecerdasan emosipada terapis perilaku anak autis. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui secara mendalam bagaimana gambarankecerdasan emosi yang baik pada seorang terapis perilakuanak autis, mengapa kecerdasan emosi yang baik pentingoleh seorang terapis perilaku anak autis dan bagaimana caraseorang terapis perilaku anak autis agar dapat memilikikecerdasan emosi yang baik. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. teknikpengambilan data yang digunakan adalah wawancara ter-hadap subjek dan signicant other serta observasi terhadaplatar dan perilaku subjek ketika diwawancara. Adapun yangmenjadi subjek penelitian adalah terapis perilaku bagi anak-anak autis yang telah menekuni profesinya selama delapantahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek masihmengalami perasaan-perasaan negatif dalam menjalankanpekerjaannya. Padahal kecerdasan emosi yang baik pent-ing bagi seorang terapis perilaku anak autis agar anak autisberhasil sembuh. Oleh karena itu, subjek dapat melatihdirinya untuk memiliki kecerdasan emosi yang baik dengancara menghayati profesinya dan mampu mengelola emosidengan baik.

Full Text:

Full Paper

Download File : 17744-49683-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan