PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA

Natassia Ayudiarini

Abstract


Dalam industri jasa asuransi kepercayaan dan loyalitas konsumen merupakan hal yang
penting untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Kepuasan konsumen
yang dilayani dengan baik menjadi sumber penilaian yang akan menentukan loyalitas
konsumen terhadap perusahaan. Maka tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan
karyawan memainkan peran vital bagi organisasi sebagai pihak yang menyampaikan
kualitas pelayanan terhadap konsumen. Penelitian oleh Haryani (1998) menunjukkan
bahwa kepuasan kerja mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja, termasuk
kualitas pelayanan terhadap konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
menguji apakah terdapat pengaruh iklim organisasi dan pengembangan karir terhadap
kepuasan kerja karyawan, baik secara bersama-sama maupun secara terpisah. Penelitian
dilakukan terhadap 103 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan skala likert. Dalam uji regresi berganda diketahui yakni iklim organisasi dan
pengembangan karir secara bersama-sama maka akan memiliki pengaruh signifikan,
dibuktikan dengan nilai R square = 0,608. Sementara untuk iklim organisasi sendiri
memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, hal ini dibuktikan
dengan nilai R square sebesar = 0,591. Sedangkan untuk pengembangan karir terhadap
kepuasan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dimana nilai R
square adalah = 0,464

Full Text:

Full Paper

Download File : 15784-44424-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan