KONTRIBUSI IMPLEMENTASI MANAJEMEN PARTISIPATIF TERHADAP KINERJA GURU DAN TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI 4 BOGOR

Atip Suherman

Abstract


Implementasi Manajemen Partisipatif dapat diartikan sebagai digunakannya
kemampuan seorang pemimpin dalam menggunakan sumberdaya secara efektif untuk
mencapai sasaran dengan melibatkan berbagai unsur yang terkait. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji apakah Implementasi Manajemen Partisipatif yang
dilaksanakan oleh kepala sekolah memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja
guru dan terhadap kegiatan belajar mengajar?
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bogor dengan sampel
penelitian berjumlah 55 guru yang sudah bekerja selama 4 tahun di SMA Negeri 4 Kota
Bogor. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif.
Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk uji hipotesis dengan menggunakan multiple
regression. Adapun pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman
yang mendalam mengapa implementasi manajemen partisipatif dapat meningkatkan
kinerja guru dan kegiatan belajar mengajar. Untuk mendapatkan informasi yang
dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian, melibatkan informan 3 (tiga) orang
wakil kepala sekolah sebagai significant others. Secara kuantitatif data diolah dengan
menggunakan SPSS versi 15.0, sementara secara kualitatif data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan focus group discussion (FGD).
Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 15.0 telah diketahui bahwa dari uji
ANOVA atau F test, diperoleh F hitung 51.859 untuk kinerja guru, 57,505 untuk proses
belajar mengajar, dan 29,339 untuk kinerja guru dan proses belajar mengajar dengan
tingkat signifikansi 0.000. Probabilitas yang lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05) maka model
regresi dapat dipakai dan F hitung > F table (3.943), sehingga penelitian ini telah
menunjukkan adanya kontribusi yang signifikan dari implementasi manajemen
partisipatif terhadap kinerja guru dan kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Dengan
kontribusi 49,5% terhadap kinerja guru dan 52% terhadap kegiatan belajar mengajar.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Manajemen partisipatif
yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bogor telah memberikan kontribusi yang
cukup signifikan terhadap peningkatan kinerja guru dan kegiatan belajar mengajar
berlangsung lebih efektif. Hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil wawancara, observasi,
dan focus group discussion (FGD).

Full Text:

Full Paper

Download File : 15047-44379-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan