Pengaruh Leader-Member Exchange (LMX) dan Beban Kerja Terhadap Moral Kerja

Jochan Hasdiabsar

Abstract


Organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat meningkatkan dan menjaga semangat (moral) kerja karyawannya. Moral kerja diartikan sebagai sikap perorangan dan kelompok terhadap lingkungan kerjanya dan sikap untuk bekerja sebaik-baiknya dengan mengerahkan kemampuan yang dimiliki secara sukarela. Oleh karena itu apabila moral kerja karyawan tinggi, maka sikap sukarela dari karyawan untuk bekerja melebihi kapasitas formal yang telah ditentukan akan meningkat dengan sendirinya. Moral kerja ini dapat terbentuk dan ditunjang dari hubungan kedekatan antara atasan dan bawahan (LMX), serta beban kerja yang baik dan sesuai.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari leader-member exchange dan beban kerja terhadap moral kerja.
Pengumpulan data dilakukan pada perusahan swasta yang bergerak dibidang entertainment. Data diambil dari 90 orang crew sinetron stripping (kejar tayang). Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil uji hipotesis dengan analisis regresi linear ganda menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari LMX terhadap moral kerja dengan nilai kontribusi sebesar 56 %; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari beban kerja terhadap moral kerja dengan nilai kontribusi sebesar 16 %; dan (3) Terdapat kontribusi yang signifikan dari LMX dan beban kerja terhadap moral kerja dengan nilai kontribusi sebesar 57 %.

Full Text:

Full Paper

Download File : 15046-44377-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan