ANALISIS STRATEGI BISNIS JASA WARUNG INTERNET (WARNET) Studi kasus pada Warnet “Global Internet” Kota Depok

Simbong Mangiwa

Abstract


Warnet Global Internet merupakan salah satu penyedia jasa internet yang berada
di kota Depok. Oleh karena banyaknya usaha lain yang sejenis hadir diantara Global
Internet, mengakibatkan berkurangnya pengunjung yang datang. Global Internet perlu
melakukan pengembangan usaha melalui strategi bisnis sebagai pijakan dan petunjuk
dalam rangka mencapai tujuan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi bisnis yang dapat membantu warnet Global Internet agar dapat
bertahan dan bersaing dengan usaha lain yang sejenis. Penelitian yang dilakukan
bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, serta dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah metode analisis
kualitatif dengan alat analisis SWOT, IFAS dan EFAS, yaitu analisis yang
memaksimalkan Strengths dan Opportunities, yang secara bersamaan juga dapat
meminimalkan Weaknesses dan Threats. Analisis Faktor Internal dari usaha Global
Internet yang didapat antara lain lokasi yang strategis dan tersedianya ruang yang luas
dengan tempat parkir yang memadai. Sedangkan Faktor Eksternal yang diperoleh
diantaranya tersedianya kesempatan yang sama untuk berbisnis dibidang jasa warnet.
Berdasarkan diagaram SWOT, hasil penelitian menunjukan Faktor Internal dan
Eksternal Global Internet berada pada kuadran IV, yaitu Strategi Diversifikasi
Konsentrik diantaranya merancang sebuah Situs Portal Informasi, Diversifikasi
Horisontal diantaranya menambah usaha foto copy, dan Usaha Patungan. Skor tertinggi
untuk strategi matrik SWOT yang efektif adalah 3.025, atau disebut pula sebagai
strategi Strengths Threats (ST). Strategi ST yang perlu diterapkan adalah dengan
mengoptimalkan pelayanan pada konsumen dan melaksanakan strategi Usaha Patungan

Full Text:

Full Paper

Download File : 15847-44609-1-PB.pdf