ANALISIS PERSEPSI PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA PT. UPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Agung Nugroho Saputro

Abstract


United Parcel Service atau dikenal dengan nama UPS adalah sebuah perusahaan
Amerika yang didirikan pada tahun 1907 di mana di dalam perkembangannya sampai
saat ini telah menjadi sebuah perusahaan terbesar di dunia sebagai perusahaan kurir.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh persepsi kegunaaan sistem
informasi (perceived usefulness) terhadap kondisi nyata penggunaan sistem informasi
(actual system usage) pada PT. UPS Cardig International; (2) mengetahui pengaruh
persepsi kemudahan penggunaan sistem informasi (perceived ease of use) terhadap
kondisi nyata penggunaan sistem informasi (actual system usage) pada PT. UPS Cardig
International; dan (3) mengetahui pengaruh persepsi kegunaaan sistem informasi
(perceived usefulness) dan persepsi kemudahan penggunaan sistem informasi
(perceived ease of use) secara bersama-sama terhadap kondisi nyata penggunaan sistem
informasi (actual system usage) pada PT. UPS Cardig International. Populasi penelitian
adalah seluruh karyawan pada PT. UPS Cardig International. Sampel penelitian ini
adalah sebanyak 35 karyawan dari total populasi penelitian. Pengambilan sampel
dilakukan dengan random sampling. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) variabel yang
telah dimodifikasi dari model penelitian Technology Acceptance Model (TAM)
sebelumnya yaitu: persepsi kegunaan sistem informasi (perceived usefulness) sebagai
variabel bebas pertama (X1), persepsi kemudahan sistem informasi (Perceived
Usefulness) sebagai variabel bebas kedua (X2), dan kondisi nyata penggunaan sistem
informasi (Actual System Usage) sebagai variabel terikat (Y)

Full Text:

Full Paper

Download File : 15839-44600-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan