PENGUKURAN KUALITAS PRODUK DENGAN MOTODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (STUDI KASUS PT. INTERMASA)

Ainul Haq

Abstract


PT. INTERMASA merupakan salah satu perusahaan jasa di bidang percetakan. Berdiri
sejak tahun 1972 dengan dasar suatu upaya yang mulai dari kalangan Penerbit Nasional,
yang telah berkiprah rata-rata semenjak awal kemerdekaan, untuk mempunyai satu
industri offset modern. Sebagai dasar keseluruhan aktivitas PT. INTERMASA serta
komitmen seluruh personil yang ada untuk menjadikan PT. INTERMASA menjadi
pelaku bisnis berstandar internasional, maka sangat diperlukan penerapan Quality
Management System. Tujuan penelitian adalah mengukur kualitas produk tipe
paperback dengan metode statistical process control. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kombinasi dari pengamatan langsung dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode statistical process control tepat digunakan untuk
pengukuran kualitas produk tipe paperback. Berdasarkan hasil pengukuran kualitas
produk dengan peta kendali pada proses perfect bending adalah terkendali (seragam),
sedangkan pengukuran pada proses printing menghasilkan data yang tak terkendali
(tidak seragam). Sedangkan penyebab cacat terbesar pada proses printing dan perfect
bending berturut – turut adalah kategori kotor dan lem meleleh.

Full Text:

Full Paper

Download File : 15828-44530-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan