PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BAGI SISWA SMA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 DEPOK)

Ali Hidayat

Abstract


Tujuan utama dari tesis yang berjudul “Pengaruh Penggunaan E-Learning
Terhadap Motivasi dan Efektivitas Pembelajaran Fisika Bagi Siswa SMA (Studi Kasus
Di SMA Negeri 1 Depok)” ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana pola
pembelajaran e-learning berperan dalam memfasilitasi pengajaran dan pembelajaran
disiplin ilmu fisika bagi siswa SMA Kelas X. Hasil yang diperoleh melalui penelitian
tesis ini akan menjadi suatu parameter atau pembanding antara efektifitas pengajaran
dan pembelajaran fisika konvensional dengan pola pembelajaran fisika berbasiskan elearning
bagi siswa SMA Kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metoda kuantitatif eksplanasi eksperimen, yaitu metode yang menggunakan sampel
penelitian untuk dilakukan generalisasi terhadap populasi. Metode ini digunakan karena
dianggap sangat efektif untuk pengumpulan data guna pengukuran pengaruh atau
efektivitas suatu alat, media atau kondisi tertentu. Setelah dilakukan penelitian,
diketahui bahwa penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga menumbuhkan semangat siswa dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dan mampu mendorong siswa
untuk mencapai hasil belajar yang lebih tinggi.

Full Text:

Full Paper

Download File : 14879-41778-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan