PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PD. ALOM JAYA (AJ)

Erly Farida Elisabeth

Abstract


Dalam era persaingan global dan kompetisi yang semakin ketat saat ini, perusahaan harus
mampu melakukan terobosan dan inovasi baru serta menggunakan seluruh sarana dan teknologi
yang tersedia untuk dapat tetap hidup dalam mempertahankan pelanggan yang dimiliki. Sistem
informasi merupakan salah satunya dan tools yang sering dipilih oleh banyak perusahaan di dunia
untuk membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang dimiliki dan sebagai alat
bersaing. PD. Alom Jaya sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penjualan air minum dalam
kemasan (AMDK) bermerk Prestiqe. Tesis ini merupakan suatu studi kasus dari PD. Alom Jaya
(AJ) untuk meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan. Dalam tesis ini akan dibahas beberapa
hal mengenai perencanaan strategis sistem informasi (PSSI) dengan menggunakan metode ward and
peppard (2002) yang meliputi analisa lingkungan usaha, analisa terhadap kebutuhan sistem dan
teknologi informasi (SI/TI) untuk menentukan strategi bisnis dan menentukan sistem informasi
yang sesuai dengan PD. Alom Jaya (AJ). Hasil penelitian pada analisa SWOT dengan matrik faktor
strategi eksternal (EFAS) dan matriks faktor strategi internal (IFAS), EFAS sebesar 2.95
menunjukkan bahwa PD. Alom Jaya (AJ) telah merespon dengan baik peluang yang dapat diraihnya
serta mengantisipasi ancaman, sedangkan nilai IFAS memperoleh 2.70 diatas rata-rata dalam
mengoptimalkan kekuatan internal secara keseluruhan. Hasi tesis ini akan merupakan suatu
dokumen tentang perencanaan strategis sitem informasi bagi PD. Alom Jaya (AJ) yang akan
menjadi acuan bagi perusahaan dalam implementasi sistem informasi yang sesuai dengan
kebutuhan bisnis perusahaan.

Full Text:

Full Paper

Download File : 14864-41759-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan