Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit (Studi kasus BPR Arthaguna Sejahtera)

Ferry Yudhy I, Susy Suhendra

Abstract



Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa perbankan, maka kualitas
pelayanan menjadi sangat penting untuk memenangkan persaiangan. Arikel ini
mengevaluasi untuk memperbaiki citra dan kinerja bank dengan mengidentifikasi
dimensi –dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah BPR Arthaguna Sejahtera. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk
mendapatkan data, yang berjumlah 100 nasabah, terdiri atas 6 yaitu : reliability,
responsiveness, emphathy, assurance, tangible dan kepuasan nasabah, dengan
menggunakan skala likert. Metode analisisnya menggunakan statistik metode regresi
linier berganda. Dan setelah data dianalisis menggunakan program SPSS, didapat hasil
bahwa semua variabel bebas baik secara partial atau bersama-sama mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan urutan variabel dari yang paling
dominan terhadap kepuasan nasabah yaitu: tangible, responsiveness, assurance,
reliability, dan empathy

Full Text:

Full Paper

Download File : 15788-44429-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan