ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN DALAM PEMILIHAN BANK SEBAGAI TEMPAT TRANSAKSI TRADE DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Hendra Prasetiyo Susilo, Nopirin Nopirin

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelayanan dalam pemilihan bank
sebagai tempat transaksi trade yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness,
Assurance dan Empathy dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Data penelitian
diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang terpilih secara
sampling. Data-data yang diambil dari survey terhadap nasabah mengenai perbandingan
besarnya preferensi nasabah terhadap factor-faktor yang di jadikan pertimbangan,
digunakan sebagai data sekunder dalam melengkapi data proses penyusunan hirarki.
Melalui skala prioritas dalam pemilihan bank oleh nasabah diterjemahkan dalam skala
numeric, sedangkan nilai-nilai yang didapatkan dari masing-masing perbandingan harus
dihitung dengan metode rata-rata hitung. Untuk memperoleh perangkat prioritas
menyeluruh bagi suatu persoalan keputusan, kita harus menyatukan atau mensintesis
pertimbangan yang dibuat dengan melakukan pembandingan berpasang. Dimana akan
dilakukan suatu proses pembobotan dan penjumlahan untuk menghasilkan satu bilangan
tunggal yang menunjukkan prioritas tiap elemen. Penyusunan Hierarki dilakukan dengan
tiga tingkat, tingkat yang pertama yaitu sasaran keseluruhan yang sifatnya luas, kedua
yaitu tingkat kriteria merupakan faktor-faktor yang menjadi pilihan dan pertimbangan
seperti tangiable, reability, responsiveness, Assurance dan Empathy, yang ketiga yaitu
alternatif-alternatif yang digunakan seperti bank alternatif terbaik dalam bertansaksi.
Melalui metode Analisis Hierarki ini realibility yang memiliki nilai tertinggi, selanjutnya
yaitu responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible.

Full Text:

Full Paper

Download File : 15787-44428-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan