PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM MS2 (Mobile System Marketing Surveyor) PADA PT ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE, TBK

JANNES SIHOMBING

Abstract




perkembangan teknologi nirkabel salah satunya teknologi Global System for Mobile
Comunications (GSM) dan Short Message Service (SMS) adalah salah satu fasilitas
yang terdapat pada telepon seluler yang hampir setiap orang mengenalnya. Selain
memiliki biaya operasional yang cukup murah, fasilitas ini juga merupakan media
komunikasi dan sarana informasi antar individu yang cukup memiliki sifat waktu
nyata (real-time), yang dapat digabungkan dengan sistem aplikasi pada perusahan
Adira Dinamika Multi Finance, Tbk sehingga membentuk sistem baru dengan
menggunakan konsep sentralisasi untuk meningkatkan pelayanan pada nasabah
Adira. Masalah yang coba diangkat dalam penulisan ini adalah bahwa lamanya
waktu dan banyaknya biaya yang dibutuhkan oleh surveyor untuk melakukan survei
terhadap calon nasabah adira yang disebabkan oleh jarak tempuh yang jauh,
susahnya mencari wartel yang memiliki mesin faks, dan biaya pulsa untuk
melaporkan hasil survei. Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan dan
menganalisis kinerja sistem lama (manual) Adira serta mengembangkan suatu sistem
baru (MS2 - Mobile System Marketing Surveyor) pada Adira yang menggunakan
teknologi informasi untuk menggantikan sistem lama yang mendukung operasional
bagian marketing dan surveyor perusahaan. Sehingga calon nasabah Adira puas
dengan layanan yang diberikan dan tidak beralih ke perusahaan pembiayaan lain.

Full Text:

Full Paper

Download File : 15777-44383-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan