Hubungan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 dan Sikap Guru Dengan Profesionalisme Kerja Guru Pada SMA Negeri di DKI Jakarta

Solikin Solikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki Profesionalisme kerja gurui
dengan mengkaji hubungan antara (1) Sistem Manajeman Mutu ISO 9001:2000
dengan Profesionalisne Kerja Guru (2). Sikap Guru dengan Profesionalisne Kerja
Guru (3). Sikap Guru dengan Sistem Manajeman Mutu ISO 9001:2000
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh Guru pada SMA yang telah memperoleh
sertifikasi Sistem Manajeman Mutu ISO 9001:2000 di DKI Jakarta, dengan
sampelnya sebanyak 300 guru dengan pengambilan sampel menggunakan teknik
random sampling.
Hasil uji Chi-square untuk sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dan
sikap guru terhadap profesionalisme kerja guru menunjukkan adanya hubungan
yang signifikansi, uji kendall’s tau-b, kendall’s tau-c dan Gamma menunjukkan
tingkat keeratan hubungan yang cukup kuat. Sehingga dapat dikatakan bahwa
terdapat hubungan yang cukup kuat anatara sistem manajemen mutu ISO 900 dan
sikap guru terhadap profesionalisme kerja guru. Sedangkan sikap guru tidak
menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan sistem manajemen mutu
ISO 9001:2000
Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh
(Sajadi, 2007), (Himayatul, 2006) dan (Sugeng, 2005) yang menyebutkan bahwa
sistem menajemen mutu ISO 9001:2000 dan sikap guru menentukan
profesionalisme kerja gu

Full Text:

Full Paper

Download File : 15766-44345-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan