Penentuan Kebijakan Dividen Dengan Menggunakan Pendekatan Fuzzy Logic (Study Kasus Perbankan di BEI Tahun 2008-2009)

Sischa Silvia Christien, Armaini Akhirson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebijakan dividen yang
dikeluarkan perusahaan sudah tepat atau belum, dengan menerapkan pendekatan fuzzy
logic sebagai alat pengambil keputusan dan untuk menguji pengaruh likuiditas,
profitabilitas, ukuran perusahaan, investasi, financial leverage dan pertumbuhan Laba
dapat mempengaruhi kebijakan dividen (Dividend Payout Ratio). Metodelogi yang
digunakan dalam penelitian ini pada awalnya adalah pengumpulan data melalui web
yang kemudian diolah dan dianalisis dengan memakai Microsoft Excel. Selanjutnya
dianalisa dengan menggunakan Fuzzy Logic Toolbox untuk pengambilan keputusan.
Dan terakhir menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 19.0 dengan tujuan untuk
melakukan pengujian-pengujian statistik dalam mengetahui pengaruh antara variabel
independent (ROA, DER, ROE, LDR, Logaritma Asset, Saham, Growth EAT) terhadap
variabel dependent (DPR). Dengan menggunakan fuzzy logic, bank dapat mengetahui
berapa besar dividen yang sebaiknya dibagikan. Hasil pengujian fuzzy logic toolbox
dengan metode Mamdani dan metode Sugeno yang membuktikan bahwa sebagian besar
bank sudah tepat dalam mengambil keputusan tentang kebijakan dividen. Bank yang
paling dominan dan yang paling tepat dalam mengambil keputusan adalah Bank Central
Asia Tbk (BBCA) yang ditunjukkan di tahun 2009. Pengujian hipotesis yang dilakukan
adalah uji pengaruh secara serempak (Uji F) dan uji pengaruh secara parsial (Uji t) pada
tingkat kepercayaan 95%. Uji F menunjukkan bahwa semua variabel independent
berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependent. Namun Uji t menunjukkan
bahwa hanya ukuran perusahaan (LnAsset) dan pertumbuhan laba (Growth EAT) yang
mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap DPR.

Full Text:

Full Paper

Download File : 14981-42096-1-PB.pdf aneka ragam manfaat dan khasiat sejuta manfaat artikel unik sejarah kerajaan